DESCRIBE SOME INGREDIENTS #4

1. Serai
Gambar terkait
Tanaman sereh memiliki akar yang besar. Akarnya merupakan jenis akar serabut yang berimpang pendek. Batang tanaman sereh bergerombol dan berumbi, serta lunak dan berongga. Isi batangnya merupakan pelepah umbi untuk pucuk dan berwarna putih kekuningan. Tanaman sereh memiliki batang yang berwarna putih. Namun ada juga yang berwarna putih keunguan atau kemerahan. Selain itu, batang tanaman sereh juga bersifat kaku dan mudah patah. Batang tanaman ini tumbuh tegak lurus di atas tanah. Tanaman sereh jenis ini jarang sekali memiliki bunga. Kalaupun ada, pada umumnya bunganya tidak memiliki mahkota dan mengandung bulir.


2. Kunyit
Hasil gambar untuk deskripsi kunyit
Curcuma longa kadang dipakai untuk mengilustrasikan rimpang kunyit yang bentuknya jari. Kunit tergolong dalam kingdom plantae (tanam-tanaman), divisi spermatophyta (tanaman berbiji), subsidivisi angiospermae (berbiji tertutup), kelas monocotyledonae (biji yang berkeping satu), ordo zingiberalles, famili zingiberceae, genus curcuma, dan spesies curcuma domestica val. Bunga kunit warnanya kuning/ kuning pucat serta mekarnya bersamaan. Rimpang induk menjorong sementara rimpang cabang lurus atau sedikit melengkung. Dari keseluruhan rimpang berbentuk rumpun rapat, warnanya orange dan bertunas muda yang warnanya putih. Akar serabut kunit warnanya cokelat muda. Di bagian tanaman yang dipakai ialah rimpang/ akarnya.


3. Ketumbar
Gambar terkait
Ketumbar (Coriandrum sativum) adalah rempah-rempah yang populer. Buahnya kecil dikeringkan dan dihancurkan, baik untuk diperdagangkan atau tidak. Bentuk digerus seperti merica, mirip dengan biji kecil-kecil seperti diameter 1-2 mm. Dalam perdagangan obat ia dipanggil coriandri fructus. Dalam bahasa Inggris dikenal sebagai ketumbar dan di Amerika Latin yang dikenal sebagai daun ketumbar. Tanaman ini berasal dari Eropa Selatan dan Laut Kaspia.


Komentar

Postingan Populer