DESCRIBE SOME INGREDIENTS #11

1. Wasasi
Image result for wasabi adalah
Wasabi adalah bahan makanan pokok yang digunakan dalam menu sushi, biasanya dipasangkan dengan acar jahe Jepang yang disebut gari. Wasabi dalam bentuk murni adalah akar, bahkan merupakan bagian dari keluarga sayuran, seperti lobak dan sawi. Wasabi dikenal memiliki aroma pedas, tetapi bukan seperti cabai merah yang tingkat kepedasannya keluar berkat capsaisin di dalamnya. Di sini, wasabi hanya melepaskan serangkaian uap panas dan pedas ketika diparut.


2. Ang Ciu
Image result for angciu adalah
Angciuatau Huangjiu dalam bahasa Mandarin diartikan menjadi arak kuning atau ada juga yang menyebut dengan red wine(arak merah). Angciu biasanya dikemas dalam botol kaca seperti kecap manis/asin sehingga sekilas seperti sama dengan kemasan kecap.  Angciu dihasikan dari fermentasi beras ketan atau tape dengan produk akhir alkohol yang bersifat memabukkan.  Ini artinya angciu merupakan bahan yang mengandung zat yang bersifat khamr (memabukkan).

Sumber : https://bimasislam.kemenag.go.id/post/opini/angciu

3. Mirin
Image result for mirin adalah
Mirin (味醂, みりん)adalah bumbu dapur untuk masakan Jepang berupa minuman beralkohol berwarna kuning, berasa manis, mengandung gula sebanyak 40%-50% dan alkohol sekitar 14%. Mirin digunakan pada masakan Jepang yang diolah dengan cara nimono (merebus dengan kecap asin dan dashi) dan campuran untuk berbagai macam saus, seperti saus untuk kabayaki (tare), saus untuk soba (soba-tsuyu), saus untuk tempura (tentsuyu) dan saus teriyaki.
Kandungan alkohol pada mirin dapat menghilangkan rasa amis pada ikan dan mengurangi risiko hancur bahan makanan yang dimasak. Kandungan gula pada mirin digunakan untuk menambah rasa manis bahan makanan yang dimasak, membuat mengkilat bahan makanan yang dimasak cara teriyaki dan menambah harum masakan.



Komentar

Postingan Populer