DESCRIBE SOME INGREDIENTS #9

1. Lemon Cui
Image result for lemon cui adalah
Lemon cui atau lemon Cina yang memiliki nama ilmiah Citrus microcarpa ini memang masih terdengar kurang popular. Buah ini banyak ditemui di wilayah Indonesia bagian timur, sepeti di Sulawesi dan Maluku. Penggunaan lemon cui erat kaitannya dengan kebiasaan orang Manado atau Sulawesi Utara pada umumnya yang sangat senang mengkonsumsi ikan laut, sehingga menjadikan lemon cui ini sangat akrab dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Secara fisik, buah lemon cui ni ukurannya mini seperti jeruk nipis. Buahnya berdiameter 3-4 meter dan berwarna kuning semburat hijau. Kulit buahnya lebih halus dan lunak seperti jeruk siam Medan yang berukuran kecil. Daunnya berwarna hijau tua mengkilap dan berakar tunggang. Keistimewaan buah ini diantaranya pertumbuhannya terbilang mudah dan cepat, serta memiliki aroma yang sangat kuat, dan memiliki rasa asam yang khas.


2. Angkak
Image result for angkak adalah
Angkak adalah beras putih biasa yang menjalani proses fermentasi bersama jamur Monascus purpureus, sehingga memperoleh warna merah tua keunguan khas yang dikenal oleh banyak orang. Beras merah ini telah digunakan oleh masyarakat Cina dan hampir seluruh komunitas Asia di seluruh dunia sebagai pengawet makanan, agen pewarna makanan, campuran rempah masakan, dan juga bahan dalam anggur beras. Di samping pamornya dalam dunia kuliner, beras Angkak juga telah digunakan selama berabad-abad dalam pengobatan tradisional Cina yang dipercaya bermanfaat untuk meningkatkan sirkulasi darah dan mengurangi gangguan pencernaan, seperti diare.


3. Kecap Ikan
Image result for kecap ikan adalah
Kecap ikan adalah sejenis bumbu masakan yang teksturnya cair dan kental serta berwarna kehitam-hitaman. Kecap adalah sebutan untuk cairan bumbu yang telah difermentasi, kecap ikan sendiri merupakan fermentasi dari garam dan ikan laut. Aroma khas yang tercium dari kecap ikan adalah amis atau bau khas ikan. Sedangkan rasanya sendiri sangat unik karena campuran asin dan sedikit asam.


Komentar

Postingan Populer