Food Terminology #3

1. Bake Of Potato

Bake of Potato atau Kentang bakar, ialah kentang yang telah dibakar untuk makan. Apabila dimasak dengan baik, kentang yang dibakar mempunyai dalaman yang lembut dan kulit yang rangup. Ia boleh disajikan dengan inti dan perasa seperti mentegakeju atau ham. Kentang boleh dibakar di dalam gas konvensional atau ketuhar elektrik, perolakan ketuhar, yang microwave oven, pada barbeku grill, atau pada/dalam api terbuka. Beberapa restoran menggunakan ketuhar khas yang direka khusus untuk memasak sejumlah besar kentang, kemudian memastikan mereka panas dan bersedia untuk dihidangkan.
Sebelum dimasak, kentang perlu digosok bersih, dibasuh dan dikeringkan dengan mata dan kecacatan permukaan dikeluarkan, dan disalut dengan minyak (biasanya minyak zaitun) atau mentega dan/atau garam.
Sesetengah orang bakar kentang mereka dan kemudian mengaut keluar isi dalaman, meninggalkan kulit seperti cangkerang. Isi dalaman yang putih boleh dicampur dengan berbagai makanan lain seperti kejumentega, atau cebisan bakon. Campuran ini kemudiannya disumbat kembali ke dalam cengkerang kulit dan ia diletakkan semula ke dalam ketuhar untuk memanaskan kembali. Di Amerika ini dikenali dengan pelbagai sebagai kulit kentang sumbat, kentang diisi dan dibakar dua kali. Di Great Britain, hias atas atau inti cenderung untuk menjadi lebih pelbagai daripada mereka di Amerika: kacang panggang, kari ayam, tuna, dan inti udang yang popular, dan di Scotland walaupun Haggis digunakan sebagai inti yang untuk kentang jaket.
Satu variasi iaitu kentang Hasselback, di mana kentang dipotong menjadi kepingan yang sangat nipis kesemuanya, supaya kepingan kentang masih melekat bersama-sama, dan kemudian dibakar di dalam oven, kadang-kadang disalut dengan keju.  Kata nama yang betul "Hasselback" merujuk kepada hotel mewah dan restoran Hasselbacken di Stockholmyang mengasaskan hidangan ini.

2. Macedoine Of Vegetable Mayonaise

Macedoine adalah salad yang terdiri dari potongan kecil buah atau sayuran. Buah untuk Macedoine adalah buah segar dan merupakan makanan penutup yang umum di Yunani, Romania, Spanyol, Prancis, Italia, dan Amerika Latin. Vegetable Macedoine saat ini temasuk salad dingin dar sayuran yang berbentuk dadu, di Prancis sering juga ditambahkan kacang merah.

3. Hard Roll

Hard roll adalah roti gulung bundar yang biasanya berkerak, berasal dari Austria yang terbuat dari tepung, ragi, garam, gula, dan air. Makanan ini adalah jenis makanan yang keras diluar dan lembut didalam termasuk makanan tradisional Austria yang secara resmi disetujui oleh Kementrian Pertanian Federal.

4. Sambal Ulang-Ulang

Sajian salat sayuran dari Maluku ini sekilas mirip Urap2 dari Jawa tetapi keduanya mempunyai perbedaan dalam bumbu. Jika bumbu Urap2 dibuat dari parutan kelapa, Bumbu dressing Ulang2 merupakan paduan dari bumbu dan kenari yang dihaluskan.
Ciri khas masakan dari Kepulauan Maluku Utara yaitu hampir semua masakan memakai kenari. Sayangnya jenis kacang ini susah diperoleh di daerah lain di Indonesia apalagi di luar negeri. Solusinya silahkan ganti dengan sediaan almond kupas. Rasanya juga tak kalah nikmat! Untuk saudara2 setanah air khususnya dari Maluku, mohon maaf atas keterbatasan di atas.
Ada 2 versi pembuatan Ulang-Ulang Maluku. Versi pertama setelah bumbu matang ditambah air secukupnya kemudian sayuran dimasukkan dalam keadaan mentah dan dimasak hingga sayur matang. Versi kedua sayuran direbus atau diblansir secara terpisah kemudian dicampurkan ke bumbu tumis dan diaduk seperti saat membuat Urap-Urap. 

5. Sop Kacang Merah

Sup kacang merah ini biasanya ditemukan di Belanda dan Indonesia Timur, lebih sering dikaitkan dengan masakan Ambon di Kepulauan Maluku. Supnya terbuat dari kacang merah dengan sayuran yang disajikan dalam kaldu yang dibumbui dengan bawang putih, lada, dan bumbu lainnya. Hidangan ini berasal dari pengaruh masakan Belanda terhadap Indonesia kolonial yang diadopsi oleh orang-orang provinsi-provinsi bagian timur.

6. Pate


Pate berasal dari Perancis yang dibawa ke Belgia dan diolah kembali menjadi masakan yang berbahan dasar daging atau Liver. Adapun tambahan umum yaitu sayuran, rempah-rempah, dan anggur atau brendi. Di beberapa Negara beberapa Liver  dibentuk sebagai sosis lembut yang sering disebut denganLeverworst.

7. Bolognaise

Saus bolognaise adalah saus daging untuk pasta yang berasal dari Bologna, Italia. Ini secara tradisional digunakan untuk menghias dan merupaka salah satu dari dua saus yang digunakan untuk menyediakan “Alla Bolognese Lasagna”. Saus bolognaise kadang-kadang dianggap sebagai saus tomat, namun banyak resep hanya mengandung sedikit tomat konsentrat.

8. Broiche 


Roti Brioche mrupakan roti khas Perancis yang memiliki cita rasa  yang sedikit berbeda dengan roti manis biasa. Di Brioche, anda juga bisa menikmati cita rasa khas Crouqe Doree (semacam pizza) dan paninni (roti panggang dengan bentuk yang lebih kecil). Dulu filling Brioche hanya terbatas pada coklat, ayam atau ikan. Sekarang anda bisa memesan Brioche dengan filling sayuran, paprika atau smoke beef.

9. Custard Cream

Custard ditemukan pada abad ke-19 di Amerika dan menyatu dengan pudding. Custard sendiri merujuk pada hidangan Romawi Kuno yang dibuat dengan telur. Bangsa Romawi Kuno memang ahli dalam menciptakan beberapa hidangan berbasis telur, seperti omelet atau crustades. Pada saat itu custard bisa dimakan lansung atau digunakan sebagai isian pie, tart, atau roti.

10. Sambal Matah


Sambal matah adalah salah satu sambal khas Indonesia yang berasal dari Bali. Sambal ini tidak mengalami proses masak dengan api. Hanya iris-mengiris semua bahan lalu campur dan beri sedikit minyak kelapa serta di bumbui dengan sedikit garam dan di beri perasan jeruk nipis.

Komentar

Postingan Populer