Food Terminology #8

1. Sacher Torte

Sacher Torter merupakan kue coklat khas Vienna yang merupakan kue hasil karya Franz Sacher di tahun 1832. Dari tahun 1832, popularitas Sacher Torte terus bertambah dan menjadi kue yang paling terkenal di Vienna. Kue ini terbuat dari 2 lapis kue bolu coklat yang dilapisi dengan selai apricot dan dilapisi dengan dark chocolate. 

2. Wiener Schnitzel
Wiener Schnitzel adalah nama sejenis makanan di kawasan Jerman dan Austria. Makanan ini adalah sepotong daging tipis yang digoreng dengan tepung roti (panir). Wiener schnitzel adalah salah satu sajian klasik austria. aslinya menggunakan daging sapi muda yang diberi lapisan telur yg dikocok dan tepung panir, kemudian digoreng dengan gajih.

3. Apple Pie
Pai apel adalah pai buah yang isian utamanya adalah buah apel. Dalam beberapa kesempatan, biasanya pai apel disajikan dengan baluran krim kocok atau es krim di atasnya, atau kadang dengan keju cheddar. Kue ini biasanya memakai lapisan pastriatas dan bawah, menjadikan kue pai ini pastry berkerak ganda. Kerak atas dapat berbentuk melingkar atau jajaran strip memanjang menyerupai anyaman jaring yang disebut lattice; pengecualian misalnya pai apel dengan wadah dalam dengan kerak atas saja atau terbuka tanpa kerak pastry seperti Tart Tatin.

4. Bratwurst
Bratwurst adalah salah satu sosis khas Jerman yang terkenal kelezatannya, karena hanya menggunakan daging untuk bahan isinya. Pada umumnya jenis sosis ini menggunakan daging sapi muda tapi lebih sering digunakan daging babi oleh sebagian orang khususnya di Amerika Utara. Setiap daerah di Jerman mempunyai sosis khasnya masing-masing karena sosis adalah salah satu produk terbesar dari olahan daging di Jerman. Ada sekitar 1500 jenis sosis disana maka tak heran sosis menjadi makanan favorit masyarakat Jerman sejak zaman kuno. Bratwurst sendiri adalah sosis khas dari kota Nürnberg di negara bagian Bayern, Jerman. Campuran bumbu dari Bratwurst sendiri adalah berbagai rempah-rempah termasuk jahe, pala, dan ketumbar atau jintan. Sebelum dikonsumsi, Bratwurst harus dimasak terlebih dahulu biasanya dipanggang dengan saus barbekyu atau digoreng selama 20 sampai 25 menit. Orang Jerman biasanya menyantap Bratwurst dengan roti, sayuran serta saus dan mayonais.

5. Falscher Hase
Hampir sama dengan hidangan steak, falscher hase merupakan makanan khas Jerman yang terbuat dari daging cincang yang dicampur dengan telur, tepung, dan bawang. Kemudian dagingnya disajikan dengan cara diiris pipih dan diberi bumbu saus di atasnya. Cocok banget dimakan bareng kentang layaknya steak pada umumnya.

6. Gulaschsuppe
Makanan khas yang satu ini berupa sup kuah kental, terbuat dari daging sapi atau daging babi sebagai bahan utama. Daging-daging tersebut dipotong agak besar dan disajikan dengan roti. Kalau di Indonesia, hampir sama dengan sup merah.

7. Saeurkraut
Sauerkraut (kol asam) adalah makanan Jerman dari kubis yang diiris halus dan difermentasi oleh berbagai bakteri asam laktat, seperti LeuconostocLactobacillus dan Pediococcus. Sauerkraut dapat bertahan lama dan memiliki rasa yang cukup asam, hal ini terjadi disebabkan oleh bakteri asam laktat yang terbentuk saat gula di dalam sayuran berfermentasi. Kubis yang dicampur dengan garam dan cairan yang bersifat asam sebenarnya sudah ada sejak zaman prasejarah namun kemungkinan dideskripsikan pertama kali oleh Gaius Plinius Secundus pada abad pertama Masehi. Cara pembuatan sauerkraut seperti sekarang diperkirakan berkembang sekitar tahun 1550 hingga 1750.
Pada tahun 1776, Kapten James Cook diberi penghargaan Medali Copley setelah membuktikan Sauerkraut berkhasiat sebagai makanan pencegah skorbut di kalangan pelaut Inggris ketika melakukan pelayaran jauh.

8. Apfelstrudel
Apfelstrudel atau Apple Strudel adalah salah satu nama hidangan tradisional khas negara Austria yang biasa disajikan sebagai makanan penutup. Apfelstrudel dibuat dari kulit berbahan dasar tepung terigu yang di dalamnya berisi campuran remah roti manis dan kismis. Cita rasa rum dan kayu manis yang kuat menjadi ciri khas dari makanan ini. Kudapan ini dapat disajikan selagi hangat maupun dingin. Apfelstrudel merupakan salah satu kue khas Austria yang sering disalahartikan dengan hidangan penutup tradisional sejenis dari Venesia disamping Wiener Schnitzel (Viennese Schnitzel) or the Sachertorte (kue coklat ternama khas buatan hotel/restoran tradisional Sacher). Nama Strudel berasal dari Bahasa Jerman yang artinya "pusaran air," karena pastri dan apel isiannya akan terlihat seperti kumparan ketika diiris. Strudel biasanya disajikan dengan krim dan vanilla custard dan ditemani dengan secangkir espreso. Selain apel yang paling sering dijumpai, isian strudel dapat juga berupa keju krim (atau disebut dengan Topfenstrudel di Wina), buah beri, kentang, dan bayam.

9. Pretzel
Pretzel adalah sejenis kue yang berasal dari Eropa, kemungkinan besar dari Italia. Kue ini berupa tiga simpul atau belitan. Rasanya asin dan sedikit manis. Pretzel ada yang lunak dan ada pula yang keras.
Pretzel yang keras telah dikembangkan ke beberapa variasi bentuk dari simpul yang berputar sampai ke bentuk lurus "tongkat pretzel" (disebut dengan "Salzstangen" atau tongkat garam karena ditaburi garam dan di Hungaria bernama Ropi). Adonan pretzel dibuat dari tepung terigu, air, gula, dan ragi, dan ditaburi dengan garam kasar. Sumber-sumber memberikan informasi yang berbeda untuk waktu dan tempat asli dimana pretzel diciptakan. The History of Science and Technology, oleh Bryan Bunch dan Alexander Hellemans, mengklaim bahwa pada tahun 610 setelah Kristus. seorang pendeta dari Italia menemukan pretzel sebagai hadiah untuk anak-anak yang belajar doa-doanya. Dia menyebutnya garis dari adonan yang dibakar, dilipat supaya menyerupai lengan-lengan yang bersilangan di dada, 'pretiola' ("hadiah kecil"). Bagaimanapun, tidak ada sumber yang mengacu kembali ke detail ini. Dokumentasi memperlihatkan bahwa bentuk kue pretzel digunakan di lencana/simbol toko roti guild di selatan Jerman sejak tahun 1111 setelah Kristus. Pada abad 12 setelah Kristus, Hirtus deliciarum dari barat daya Jerman Alsace/Elsash.

10. Schwarzwalder Kirschtorte
Schwarzwälder Kirschtorte) adalah jenis kue khas Jerman yang paling dikenal di dunia. Kue ini terbuat dari bolu coklat yang dilapisi krim segar, serutan coklat dan ceri yang direndam dalam Kirschwasser, schnapps ceri jernih khas daerah Schwarzwälder ("Black Forest"). Walau dikenal berasal dari daerah Black Forest, namun seorang pembuat kue dari Bad Godesberg, dekat Bonn, mengklaim menemukan resepnya pada tahun 1915. Ia kemungkinan berasal dari daerah Danau Constance, yang berada dekat Black Forest, jadi ia menamakan resep ciptaannya dari nama daerah itu. Ada beberapa teori yang menyebutkan tentang asal usul kue ini. Pertama serutan coklat di atas kue mungkin melambangkan Black Forest. Kedua, mungkin karena namanya mengandung kata Kirschwasser yang merupakan ciri khas daerah Black Forest. Ketiga, ada yang mengatakan bahwa namanya berasal dari pakaian tradisional wanita Black Forest yang berwarna hitam dengan blus putih dan topi putih dan bola-bola merah yang melambangkan buah ceri.














Komentar

Postingan Populer