Daily Report #32 Indonesia Ver

Daily Report #32 Indonesia Ver

20 Agustus 2018

Kembali lagi di minggu praktek dan berjumpa lagi dengan cerita kegiatan saya di dapur praktek. Hari ini menu yang akan dibuat yaitu Indonesia buffet. Indonesia buffet ini terdiri dari beberapa masakan yaitu Dojang nakeng dan rujak mie sebagai makanan pembuka, soto padang dan soto banjar sebagai sup, nasi putih, terong santan, plecing sayur, rendang, dan ayam bakar taliwang sebagai makanan utama, doko-doko cangkuning sebagai makanan penutup. Setelah minggu lalu kelompok saya mendapatkan kesempatan bertanggungjawab di section makanan pembuka, hari ini kelompok saya berada di section makanan penutup.

Sebelum saya membagikan cerita mengenai kegiatan saya akan menjelaskan sedikit tentang buffet. Buffet itu sendiri di Indonesia seringkali disebut Prasmanan dimana makanan diletakkan di meja panjang dan pengunjung menganbil sendiri makanan yang diinginkan mulai dari makanan pembuka sampai makanan penutup. Buffet atau prasmanan ini banyak dijumpai saat kita pergi ke acara pengantin. Kembali ke cerita kegiatan hari ini yang dilakukan hanyalah prepare, makanan akan keluar restoran besok siang. 

Untuk dessert yang di prepare hari ini hanyalah isian dari doko-doko cangkuning. Isiannya itu sendiri terdiri dari kelapa parut dan gula merah yang di tambahkan sedikit tepung agar isian tersebut lebih mudah di bentuk. Setelah isian tersebut jadi, langsung di bentuk bulat dan disimpan di chiller.  Setelah mengerjakan isian dari doko-doko cangkuning, pak Jaya memberikan resep untuk adonan doko-doko cangkuning untuk dibuat sekarang dan akan dibawa ke rektorat besok sebagai breakfast. Setelah doko-doko cangkuning tersebut jadi seperti biasa kami langusung membersihkan area kerja kami dan dilanjutkan dengan general cleaning.




Komentar

Postingan Populer