Describe Some Ingredient #9

1. Jagung


Jagung (Zea Mays) adalah salah satu  tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan padi. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, bulir jagung adalah pangan pokok, sebagaimana bagi sebagian penduduk Afrika dan beberapa daerah di Indonesia. Jagung bukanlah tanaman asli Indonesia, teori yang banyak berembang saat ini menyatakan bahwa jagung didomestikasi pertama kali oleh penghuni lembah Tehuacan, Meksiko. Bangsa Olmek dan Maya diketahui sudah membudidayakan di seantero Amerika Tengah sejak 10.000 tahun yang lalu dan mengenal berbagai teknik pengolahan hasil. Teknologi ini dibawa ke Amerika Selatan (Ekuador) sekitar 7.000 tahun yang lalu, dan mencapai daerah pegunungan di selatan Peru pada 4.000 tahun yang lalu. Pada masa inilah berkembang jagung yang beradaptasi dengan suhu rendah di kawasan Pegunungan Andes. Sejak 2500 SM, tanaman ini telah dikenal di berbagai penjuru Benua Amerika. Era kedatangan orang-orang Eropa di akhir abad  ke-15, ternyata membawa serta jenis-jenis jagung ke Dunia Lama, baik ke Eropa maupun Asia. Pengembaraan jagung ke Asia dipercepat dengan terbukanya jalur barat yang dipelopori oleh armada pimpinan Ferdinand Magellan melintasi Samudera Pasifik. Di tempat-tempat baru inilah jagung relatif mudah beradaptasi karena tanaman ini memiliki elastisitas fenotipe yang tinggi.

Kandungan gizi jagung :
Tak hanya kaya serat, jagung juga sumber karbohidrat kompleks, dan sejumlah zat gizi lainnya seperti vitamin B, dan C, karoten, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, omega 6, dan lemak tak jenuh yang dapat membantu menurunkan kolesterol. Kandungan nutrisi dalam 100gram jagung: Energi: 129 kal. Protein: 4,1

Manfaat jagung :
Jadi selain sebagai sumber karbohidrat, jagung juga ditanam sebagai pakan ternak (hijauan maupun tongkolnya), diambil minyaknya (dari biji), dibuat tepung (dari biji, dikenal dengan istilah tepung jagung atau maizena), dan bahan baku industri (dari tepung biji dan tepung tongkolnya).

Karakteristik jagung :
Biasanya berwarna kuning atau putih, berbentuk bulat kecil yang ada ratusan lebih
Rasa : manis tetapi ada juga yang hambar dan memiliki serat

2. Kunyit
Kunyit atau kunir, (Curcuma longa Linn. syn. Curcuma domestica Val.), adalah termasuk salah satu tanaman rempah-rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Tanaman ini kemudian mengalami penyebaran ke daerah MalaysiaIndonesiaAustralia bahkan Afrika. Hampir setiap orang Indonesia dan India serta bangsa Asia umumnya pernah mengonsumsi tanaman rempah ini, baik sebagai pelengkap bumbu masakan, jamu atau untuk menjaga kesehatan dan kecantikan.

Kunyit tergolong dalam kelompok jahe-jaheanZingiberaceae. Kunyit dikenal di berbagai daerah dengan beberapa nama lokal, seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), janar (Banjar), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura).

Kandungan gizi kunyit :
a. zat warna kurkuminoid yang merupakan suatu senyawa diarilheptanoid 3-4% yang terdiri dari Curcumin, dihidrokurkumin, desmetoksikurkumin dan bisdesmetoksikurkumin

b. Minyak atsiri 2-5% yang terdiri dari seskuiterpen dan turunan fenilpropana turmeron (aril-turmeron, alpha turmeron dan beta turmeron), kurlon kurkumol, atlanton, bisabolen, seskuifellandren, zingiberin, aril kurkumen, humulen.
c. Arabinosa, fruktosa, glukosa, pati, tanin dan dammar
d. Mineral yaitu magnesium besi, mangan, kalsium, natrium, kalium, timbal, seng, kobalt, aluminium dan bismuth (Sudarsono et.al, 1996).

Manfaat kunyit :
Dikarenakan warna kuning pada daging buah, kunyit sering kali digunakan sebagai bahan pewarna untuk makanan atau masakan rumahan. Untuk menghasilkan masakan gulai yang sedap umumnya para koki rumah makan akan menggunakan kunyit sebagai pewarna alami. Selain gulai, rendang juga merupakan salah satu makanan kegemaran masyarakat Indonesia yang menggunakan jenis tanaman ini.

Karakteristik kunyit :
Kunyit memiliki rasa aromatik yang khas dan rasanya agak pedas dan agak pahit  dan tentunya berwarna kuning.

3. Lada Hitam (Blacpepper)
Lada hitam atau Black Papper adalah sejenis rempah yang sudah sangat terkenal sejak beberapa tahun yang lampau. Tanaman ini berkembang subur di Negara tropis atau lembab. Tanaman ini banyak di jumpai di China dan Asia Tenggara. Jika di lihat, tanaman lada hitam ini memiliki warna buah merah gelap, sehingga pada saat digerus buah lada hitam ini akan menjadi gelap. Jika anda menjumpai tanaman lada hitam, langsung saja lihat buahnya yang berupa biji panjang menjulur kebawah, kemudian pastikan apakah buah tersebut sudah matang atau belum. Lada hitam merupakan rempah yang sangat penting. Dari sejak dahulu, lada hitam merupakan salah satu jenis pangan yang ramai di perdagangkan.

Kandungan gizi lada hitam :
 Informasi Gizi
Per 1 sdm 
 Energi
17 kkal 
 Lemak
0,2 gram 
 Lemak jenuh
0,096 gram 
 Lemak tak jenuh Ganda
0,069 gram 
 Lemak tak jenuh Tunggal
0,051 gram 
 Kolesterol
0 mg 
 Protein
0,72 gram 
 Karbohidrat
4,41 gram 
 Serat
1,7 gram 
 Gula
0,04 gram 
 Sodium
1 mg 
 Kalium
92 mg 
 Kalsium
31 mg 

Manfaat lada hitam :
Fungsi lada hitam sebagai salah satu komodasi yang ramai di perdagangkan. Lada hitam memliki berbagai fungsi utamanya yaitu bumbu masak. Lada hitam juga berguna untuk kesehatan manusia. Kandungan yang ada di dalamnya disinyali dapat mengurangi resiko manusia dari bahayanya kanker payudara. Selain itu adanya antioksidan di dalam lada hitam juga dikatakan dapat mencegah berkembangnya sel kanker kulit dan juga usus besar.
Bagi mereka yang memiliki masalah dengan system pencernaannya, juga bisa melakukan konsumsi secara rutin lada hitam ini. Rempah yang satu ini bisa mengatasi masalah bagi mereka yang sering kembung atau sakit maag. Terdapat kandungan khusus yang membuat lada hitam bisa meredakan gas yang ada didalam tubuh manusia. Selain itu, lada hitam juga bisa di manfaatkan sebagai resep bagi mereka yang ingin menurunkan berat badannya. Hanya dengan menaburkan lada hitam ke makanan anda. Maka anda akan merasakan hasilnya.

Karakteristik lada hitam :
Lada hitam memiliki beberapa ciri-ciri seperti, daun yang tebal dengan warna hijau dan bentuknya seperti telur. Tanaman lada hitam juga memiliki bunga yang berwarna putih dan panjang yang menghasilkan buah-buah pendek yang  menggelantung dengan panjang 4 - 12 cm. Buah yang dihasilkan seperti beri berwarna hijau ketika mentah dan berubah menjadi warna merah ketika matang. Lada hitam tersedia dalam warna hitam dan putih. Lada hitam dibuat dengan proses men-Drying atau menjemur buah yang matang ataupun belum matang di bawah sinar matahari.


Komentar

Postingan Populer