Describe Some Ingredient #12

1. Rebung
Related image
Tunas yang masih muda yang tumbuh dari akar bambu. Penduduk Indonesia maupun Asia umumnya menggunakan rebung sebagai bahan makanan. Selain digunakan sebagai isi lumpia, rebung juga sering digunakan sebagai bahan sayur untuk masakan khas Jawa Tengah. Selain itu, rebung juga diolah menjadi lema.  Sayuran ini awalnya dikenal di Tiongkok lebih dari 2.500 tahun lalu dan menjadi makanan kerap dikonsumsi karena nutrisinya yang tinggi bahkan menjadi santapan utama pada masa kejayaan Dinasti Ming (1368-1644). Namun, sebagian orang juga menganggap rebung sebagai makanan yang aneh. Menurut peneliti Jepang rebung ternyata memiliki manfaat untuk mencegah stroke karena tinggi akan kalium.

Kandungan gizi rebung :
Rebung yang masuk ke dalam jenis sayur ini juga tinggi kadar air, thiamin, protein, lemak, karbohidrat, vitamin A, C, fosfor dan zat besi. Sayuran ini juga memiliki kandungan antioksidan yang baik bernama fitosterol

Manfaat Rebung :
Melawan kolesterol jahat dan mencegah radikal bebas. Mengurangi berat badan, mengonsumsi sayur rebung bisa menjadi pilihan diet alami yang baik karena mengandung lemak namun kadar gulanya rendah. Proteinnya yang tinggi bisa menjaga kesehatan sel-sel.

Karakteristik Rebung :
Ciri-ciri rebung adalah berbentuk kerucut, setiap ujung glugut (rambut bambu) memiliki bagian seperti ujung daun bambu, tetapi warnanya cokelat.

Sumber : https://brainly.co.id/tugas/12231696, 

2. Lemon
Image result for lemon
Lemon, Citrus limon (L.) Osbeck, adalah spesies pohon cemara kecil di keluarga tanaman berbunga Rutaceae, asli Asia. Asal usul lemon tidak diketahui, meskipun lemon diperkirakan telah tumbuh di Assam (suatu wilayah) di timur laut India), Burma utara atau Cina. Sebuah studi genomik dari lemon menunjukkan itu adalah hibrida antara jeruk pahit (jeruk asam) dan sitrun. Lemon masuk ke Eropa dekat Italia selatan tidak lebih dari abad kedua, pada masa Romawi Kuno. Namun, mereka tidak dibudidayakan secara luas. Mereka kemudian diperkenalkan ke Persia dan kemudian ke Irak dan Mesir sekitar 700 AD. Lemon pertama kali tercatat dalam literatur dalam risalah Arab abad ke-10 tentang pertanian, dan juga digunakan sebagai tanaman hias di taman-taman Islam. Lemon didistribusikan secara luas di seluruh dunia Arab dan wilayah Mediterania antara 1000 dan 1150. Budidaya lemon pertama di Eropa dimulai di Genoa pada pertengahan abad ke-15. Lemon kemudian diperkenalkan ke Amerika pada tahun 1493 ketika Christopher Columbus membawa biji lemon ke Hispaniola dalam perjalanannya. Penaklukan Spanyol di seluruh Dunia Baru membantu menyebarkan biji lemon. Terutama digunakan sebagai tanaman hias dan untuk obat-obatan. Pada abad ke-19, lemon semakin banyak ditanam di Florida dan California. Asal kata "lemon" mungkin Timur Tengah. Kata ini diambil dari limon Perancis Kuno, kemudian limone Italia, dari bahasa Arab laymūn atau līmūn, dan dari bahasa Persia līmūn, istilah umum untuk buah jeruk, yang merupakan bahasa Sansekerta (nimbū, "kapur").

Kandungan gizi lemon :
Lemon adalah sumber yang kaya vitamin C, memberikan 64% dari Nilai Harian dalam porsi 100 g. Lemon mengandung banyak fitokimia, termasuk polifenol, terpene, dan tanin. Jus lemon mengandung sedikit lebih banyak asam sitrat daripada air jeruk nipis (sekitar 47 g/l), hampir dua kali lipat asam sitrat dari jus grapefruit, dan sekitar lima kali jumlah asam sitrat yang ditemukan dalam jus jeruk.

Manfaat lemon :
Jus lemon, irisan, dan kulit digunakan dalam berbagai macam makanan dan minuman. Seluruh lemon digunakan untuk membuat selai, lemon curd dan lemon liqueur. Irisan lemon dan kulit lemon digunakan sebagai hiasan untuk makanan dan minuman. Kulit lemon, parutan kulit luar buah, digunakan untuk menambah rasa pada makanan yang dipanggang, puding, nasi, dan hidangan lainnya.

Karakteristik lemon :
Lemon memiliki warna hijau dan jika sudah matang buah ini akan berwarnya kuning, memiliki rasa masam, berbentuk bulat atau lonjong dan ujungnya meruncing, dan daging lemon hampir semuanya berisi air yang dibungkus oleh kulit tipis.

Sumber : https://togethergosuccessindonesia.blogspot.com/

3. Susu
Image result for milk
Susu adalah cairan putih yang diproduksi oleh kelenjar susu mamalia. Manusia pertama kali belajar mengkonsumsi susu mamalia lainnya secara teratur mengikuti domestikasi hewan selama Revolusi Neolitik atau pengembangan pertanian. Perkembangan ini terjadi secara independen di beberapa lokasi global sejak awal 9000-7000 SM di Mesopotamia sampai 3.500-3000 SM di Amerika. Orang-orang pertama kali menjinakkan hewan ternak yang paling penting - ternak, domba dan kambing - di Asia Barat Daya, meskipun ternak rumahan secara terpisah berasal dari populasi liar aurochs beberapa kali sejak saat itu. Awalnya hewan disimpan untuk daging, dan arkeolog Andrew Sherratt telah menyarankan agar dirapikan, bersamaan dengan eksploitasi hewan piaraan untuk rambut dan persalinan, kemudian dimulai kemudian dalam sebuah revolusi produk sekunder terpisah pada milenium keempat SM. Model Sherratt tidak didukung oleh temuan baru-baru ini, berdasarkan analisis residu lipid pada gerabah prasejarah, yang menunjukkan bahwa perajutan dipraktekkan pada fase awal pertanian di Barat Daya Asia, setidaknya pada milenium ketujuh SM.

Kandungan gizi susu :
-Susu mengandung protein rata-rata 1,1%, 4,2% lemak, 7,0% laktosa (gula), dan memasok 72 kkal energi per 100 gram.
-Susu sapi mengandung protein rata-rata 3,4%, 3,6% lemak, dan 4,6% laktosa, 0,7% mineral dan memasok 66 kkal energi per 100 gram.
-Keledai dan susu kuda memiliki kandungan lemak paling rendah, sedangkan susu anjing laut dan paus mengandung lebih dari 50% lemak.

Manfaat susu :
Susu digunakan untuk membuat yoghurt, keju, es susu, puding, coklat panas dan roti panggang Prancis. Susu sering ditambahkan ke sereal sarapan, bubur dan granola. Susu sering disajikan dalam kopi dan teh. Susu yang diuapkan digunakan untuk menyiapkan minuman berbasis espresso seperti cafe latte.

Karakteristik susu :
Susu digunakan untuk membuat yoghurt, keju, es susu, puding, coklat panas dan roti panggang Prancis. Susu sering ditambahkan ke sereal sarapan, bubur dan granola. Susu sering disajikan dalam kopi dan teh. Susu yang diuapkan digunakan untuk menyiapkan minuman berbasis espresso seperti cafe latte.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Susu

Komentar

Postingan Populer