Describe Some Ingredient #23

1. Ayam
kandungan gizi dan manfaat makan daging ayam
Seringkali kita menemui ayam ataupun produk hasil ayam itu sendiri, tanpa mengetahui sejarah ayam. Ayam sudah cukup populer di negeri ini, dari desa sampai kota semuanya sudah mengenal ayam. Daging ayam yang memiliki tekstur lembut, dan harga yang relatif terjangkau menjadi alasan berkembangnya ayam di negeri ini.
Ayam yang kita pelihara atau yang disebut Gallus gallus domesticus merupakan unggas yang biasa dipelihara orang untuk dimanfaatkan untuk keperluan hidup pemeliharanya. Ayam peliharaan ini merupakan keturunan langsung dari salah satu subspesies ayam hutan merah (Gallus gallus) atau ayam bankiva (bankiva fowl).
Kawin silang antarras ayam telah menghasilkan ratusan galur unggul atau galur murni dengan berbagai macam fungsi, yang paling umum adalah ayam potong dan ayam petelur.

Manfaat ayam :
Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Berbagai mineral terkandung dalam daging ayam, meningkatkan manfaat daging ayam  yang telah kita ketahui sebelumnya. Mineral penting dalam daging ayam ini membuat tubuh manusia menjadi lebih kebal dalam menghadapi berbagai macam penyakit sehingga jika kita sedang flu atau sakit, yang berhubungan dengan sistem kekebalan tubuh, sangat dianjurka kita mengkonsumsi sup ayam dalam kondisi hangat atau panas untuk meringankan sakit yang kita alami.
Menjaga Keseimbangan Kolesterol
Banyak sumber yang menyebutkan dan mempercayai juga serta berhasil membuktikan bahwa daging ayam ini sedikit banyak mengandung kolesterol yang tidak baik bagi tubuh. Hal tersebut adalah benar. Lalu kenapa hal ini termasuk dalam bahasan manfaat daging ayam? Karena daging ayam mempunyai kandungan niacin yang dapat menurunkan kadar kolesterol sehingga daging ayam ini aman dikonsumsi oleh mereka yang menderita kolesterol. Untuk ini, disarankan mereka yang menderita kolesterol mengkonsumsi ayam dengan memilih daging ayam tanpa lemak dan memasaknya dengan cara merebus tanpa menggorengnya.
Memperkuat tulang dan menambah masa otot
Tak perlu diragukan lagi bahwa daging ayam dapat menambah masa otot sekaligus juga meningkatkan berat badan. Mereka yang melakukan pembentukan otot melalui gym, biasanya akan disarankan oleh pelatihnya untuk mengkonsumsi daging ayam dengan cara direbus saja. Memang mungkin rasanya akan agak aneh untuk mereka yang belum terbiasa, akan tetapi rebusan daging ayam ini akan membantu menaikkan masa otot dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Dan tentu saja perlu diingat untuk membeli daging ayam tanpa lemak.
Penting untuk pertumbuhan anak
Selain itu, kandungan fosfor dan kalsiumnya juga sangat berguna bagi tubuh kita terutama bagi pertumbuhan anak. Kenapa? Karena dua zat penting ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan memperkuatnya, sehingga tidak hanya baik untuk anak tapi juga untuk Anda. Dalam hubungannya dengan pria dan organ reproduksinya, daging ayam juga baik dikonsumsi pria untuk meningkatkan salah satu hormonnya yaitu hormone testosterone.

Kandungan nutrisi pada ayam :
Dianalisa dari nilai gizinya, setiap 100 gram daging ayam mengandung 74 persen air, 22 persen protein, 13 miligram zat kalzium, 190 miligram zat fosfor dan 1,5 miligram zat besi. Daging ayam mengandung vitamin A yang kaya, lebih-lebih ayam kecil.

Karakteristik ayam :
Ayam Jantan. Berukuran lebih besar dari ayam betina Memiliki Jalu panjang,. Memiliki Jengger lebih besar,.. Bulu Ekornya panjang dan menjuntai.

2. Jagung Putih 
Image result for jagung putih
Jagung pulut atau sebagian orang menyebutnya jagung ketan merupakan salah satu jenis jagung yang memiliki karakter spesial yaitu pulut atau ketan. Jagung ini disebut pulut atau ketan karena lengket dan pulen seperti ketan ketika di rebus (kandungan amilopektin tinggi). Jagung ketan ditemukan di China pada awal tahun 1900 dengan karakter endosperm berwarna kusam seperti lilin (waxy). Karakter waxy disebabkan adanya gen tunggal waxy (wx) bersifat resesif epistasis terletak pada kromosom sembilan. Secara fenotif endosperm jagung ketan yang berwarna kusam, dapat dibedakan dengan jelas dibandingkan jagung jenis lain pada saat kadar air biji 16% atau kurang dari 16%.

Endosperm jagung ketan yang homozigot (wx) dapat menghasilkan amilopektin hingga seratus persen. Karakter unik lain yang dimiliki oleh jagung ketan adalah akan menghasilkan warna merah-kecoklatan apabila endosperma biji yang mengandung amilopektin dilukai dan diberi larutan iodine. Kandungan endosperm jagung nonwaxy (terdiri dari amilopektin dan amilosa dengan kadar yang bervariasi) diberi larutan potassium iodine akan berwarna biru sampai hitam.

Manfaat jagung putih :
Mengatasi konstipasi
Konstipasi sering terjadi pada era modern ini dikarenakan banyak gaya hidup yang tidak sehat. Untuk mencegah terjadinya konstipasi sebenarnya ada dua cara yang bisa dilakukan yaitu dengan menaati jadwal makan ideal dan hindari makanan cepat saji. Saat anda mengalami konstipasi itu berarti anda kurang makan serat dan solusinya adalah dengan makan makanan kaya akan serat. Jagung putih mengandung serat tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi saat anda mengalami konstipasi.
Ada banyak jenis olahan makanan dari jagung putih yang bisa anda konsumsi, diantaranya adalah popocorn, namun usahakan untuk tidak menambahkan bahan lainnya seperti garam dan mentega supaya manfaat dari jagung putih lebih maksimal. Jagung putih merupakan makanan dari biji-bijian utuh, makanan ini sangat baik untuk mengatasi masalah pencernaan dan bisa anda tambahkan dalam menu makanan diet sehat anda.
Mengatasi depresi
Makanan yang kaya akan nutrisi tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh secara fisik saja melainkan juga sangat baik untuk kesehatan mental. Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan nutrisi mampu mempengaruhi mental seseorang meskipun sampai saat ini belum ada makanan yang spesifik mampu menyehatkan mental.
Salah satu jenis makanan yang mampu menyehatkan kesehatan mental adalah makanan kelompok padi-padian utuh. Jagung putih sendiri masuk dalam kategori padi-padian utuh yang kaya akan vitamin B kompleks, karbohidrat kompleks, omega 3, serta zat-zat lainnya yang sangat dibutuhkan oleh organ otak. Oleh karena itu dengan mengonsumsi jagung putih secara rutin mampu mengurangi tingkat depresi yang dialami seseorang. Namun perlu diingat bahwa jagung putih tidak bisa melakukannya sendiri melainkan juga harus dibersamai dengan makanan lainnya yang kaya nutrisi.


Kandungan nutrisi pada jagung putih :
Jagung putih merupakan sumber vitamin B, niacin, folat dan vitamin B5 yang sangat baik dan cukup banyak jumlahnya. Kebutuhan akan nutrisi-nutrisi tersebut dapat terpenuhi dengan mudah hanya dengan mengkonsumsi satu buah jagung putih. Selain itu jagung putih juga mengandung kalori cukup tinggi yaitu sebesar 85 kilokalori setiap 100 gram jagung putih.Kandungan nutrisi lainnya yang ada di dalam jagung putih adalah beberapa kandungan mineral seperti fosfor dan magnesium. Serat juga tinggi di dalam jagung putih. Kandungan vitamin A di dalam jagung putih juga cukup tinggi dan sudah lama menjadi proyek penelitian oleh para ahli rekayasa genetika supaya kandungan betakaroten dan provitamin A di dalam jagung putih meningkat.

Karakteristik jagung putih :
Budidaya tanaman jagung ketan pada umumnya tidak berbeda dengan budidaya tanaman jagung field corn (jagung pipil). Yang membedakan hanyalah dibutuhkannya isolasi jarak dan atau waktu dikarenakan jagung ketan dikendalikan oleh gen resesif (wx). Isolasi jarak kurang lebih sekitar 200m sedangkan isolasi waktu 3 minggu lebih awal dari tanaman jagung pipil atau selain jagung ketan dimana jagung ketan ditanam lebih dekat dengan arah angin.

3. Pisang
One banana can contain aroud 500 milligrams of potassium, providing powerful protection for your heart. Potassium helps your body prevent high blood pressure. Be sure to eat a banana today!
Pada tahun 327 SM, Alexander Agung dan pasukannya menemukan pisang selama ekspedisi mereka ke wilayah Laut Tengah.Kemudian, dengan bantuan penakluk Islam, pisang mencapai Madagaskar dan Palestina.Pisang kemudian melanjutkan perjalanan melalui pelaut Portugis yang membawa pisang ke Eropa dari Afrika Barat pada awal abad ke-15.Pada tahun 1482, pisang dibawa oleh para penjelajah Portugis ke Canary Island dan Hindia Barat.Penjelajah Portugis dan Spanyol juga berjasa menyebarkan pisang ke kawasan Karibia dan Amerika.China adalah wilayah pertama yang melakukan budidaya pisang secara terorganisir. Bukti budidaya pisang juga ditemukan di kekaisaran Romawi selama tahun 63-14 SM. Antonio Musa, dokter Kaisar Romawi Octavius Agustinus adalah orang yang mendorong budidaya pisang di kekaisaran Romawi.Orang Amerika Serikat tidak mengenal pisang sampai tahun 1870. Pisang diperkenalkan kepada masyarakat Amerika hampir pada saat bersamaan oleh dua orang yang berbeda yaitu Lorenzo Dow Baker dan Minor Keith.Lorenzo adalah seorang kapten laut yang berkunjung ke Jamaika dan menjadi tertarik dengan buah kuning yang dijual di pasar.Karena penasaran, dia membeli beberapa tandan pisang mentah dan menjualnya di pasar buah New Jersey.Pada saat yang sama, Minor Keith, yang membangun jalan kereta api di Kosta Rika, menanam pohon pisang di dekat jalur kereta api. Ketika pembangunan jalan kereta api selesai, pisang yang sudah matang diangkut ke pelabuhan dengan kereta api dan kemudian diekspor ke Amerika.Segera, pisang menjadi makanan populer di Amerika Serikat.Saat ini, pisang dibudidayakan di lebih dari 170 negara dan memainkan peran penting dalam perekonomian negara-negara berkembang.

Manfaat pisang :
Merupakan sumber tenaga
Sumber vitamin dan serat
Membantu mengatasi masalah BAB
Asupan oksigen ke otak menjadi lancar, pisang kaya akan potasium yang berfungsi meperlancar sirkulasi oksigen ke otak.
Mencegah terjadinya gangguan di pembuluh darah di kepala, dengan mengkonsumsi banyak buah pisang maka dapat mencegah terjadinya gannguan pembuluh darah di kepala seperti stroke ataupun darah tinggi.
Mencegah sakit maag, pisang mengandung zat yang dapat menangkal zat asam di dalam lambung sehingga cocok untuk yang sakit maag.

Kandungan nutrisi pada pisang :
Jenis Nutrisi / GiziKandunganAKG%
Kalori89 kal
Karbohidrat22,8g
Air75%
Protein1,1g
Gula12,2g
Serat2,6g
Lemak0,3g
Vitamin A3µg0%
Vitamin C8,7mg10%
Vitamin D0µg
Vitamin E0,1mg1%
Vitamin K0,5µg0%
Vitamin B1 (Thiamine)0,03mg3%
Vitamin B2 (Riboflavin)0,07mg6%
Vitamin B3 (Niacin)0,67mg4%
Vitamin B5 (Panthothenic acid)0,33mg7%
Vitamin B6 (Pyridoxine)0,37mg28%
Vitamin B9 (Folat)20µg5%
Vitamin B120µg
Cholin9,8mg2%
Kalsium5mg1%
Zat Besi0,26mg3%
Magnesium27mg7%
Fosfor22mg3%
Potassium (Kalium)358mg8%
Sodium1mg0%
Seng (Zinc)0,15mg1%
Tembaga (Copper)0,08mg9%
Manganese0,27mg12%
Selenium1µg2%
Karakteristik pisang :
Daun tanaman pisang lebar dan panjang, tulang daun besar, dan tepi daun tidak mempunyai ikatan yang kompak sehingga mudah robek jika terkena angin kencang. Batang berbonggol banyak mata tunas yang dapat tumbuh menjadi tunas anakan.



Komentar

Postingan Populer