DESCRIBE SOME INGREDIENTS #1

1. Bawang Merah
Hasil gambar untuk bawang merah
Tanaman bawang merah termasuk tanaman semusim berbentuk rumpun dan tumbuh tegak yang termasuk kedalam famili Liliaceae. Tanaman bawang merah diduga berasal dari daerah Asia Tengah yaitu sekitar India, Pakistan sampai Palestina.  Pada abad VIII menyebar ke Eropa, kemudian dari Eropa menyebar ke Amerika, Asia Timur dan Asia Tenggara. Penyebaran ini berhubungan dengan perburuan rempah-rempah oleh orang Eropa ke wilayah Timur Jauh dan masuk ke Indonesia bersamaan dengan penjajahan Belanda. Singgih Wibowo (1990) menyatakan, bahwa bawang merah yang ditanam di Indonesia berdasarkan warna kulitnya dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu : (1) kelompok yang umbinya berwarna merah tua, seperti kultivar Medan, Gugur, Maja dan Sri Sakate, (2) kelompok yang umbinya berwarna kuning muda pucat, seperti kultivar Sumenep, dan (3) kelompok yang umbinya berwarna kekuning-kuningan sampai merah muda seperti kultivar Kuning, Lampung, Bima, dan Ampenan. 


2. Bawang Putih
Hasil gambar untuk karakteristik bawang putih
Bawang putih termasuk dalam suku Liliaceae dan merupakan tanaman berumpun yang bersiung-siung. Bawang putih digunakan oleh masyarakat untuk menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa pening di kepala, mengatasi cacingan, menghilangkan nyeri haid, mengatasi asma, batuk, masuk angin, dan sengatan binatang (Sudjarwo, et al., 2004). Bawang putih memiliki karakteristik daun berbentuk pipih dan berwarna hijau, berbentuk pita (pipih memanjang), dengan tepi rata, ujung runcing, panjang 60 cm dan lebar 1,5 cm. Batang semu, beralur dan berwarna hijau, bagian bawah bersiung-siung dan bergabung menjadi umbi besar berwarna putih. Bawang putih termasuk herba (semak), semusim, dan tinggi 50-60 cm. Bunga berwarna putih, bertangkai panjang dan bentuknya payung dan memiliki akar serabut (Barnes, 2002)


3. Bawang Bombay
Hasil gambar untuk karakteristik bawang putih
Bawang bombai (Latin: Allium Cepa Linnaeus) adalah macam bawang yang jumlah sekali dan luas dibudidayakan, dipakai bagi bumbu maupun bahan masakan, mempunyai bentuk bulat agung dan berdaging tebal.  Bawang bombai biasa dipakai dalam memasak konsumsi di Indonesia, tidak hanya dipakai bagi adunan tapi juga bagian dari masakan karena bentuknya yang agung dan tebal dagingnya. Dikata bawang bombai karena dibawa oleh pedagang-pedagang yang berasal dari kota Bombai (Mumbai sekarang) di India ke Indonesia. Bawang bombai mempunyai aroma yang khas bila dibanding dengan bawang merah biasa, umbinya terbentuk dari lapisan-lapisan daun yang membesar dan bersatu. Pohonnya tumbuh tegak ke atas, akarnya serabut dan tidak terlalu panjang (±10c), daunnya bebentuk seperti pipa namun pipih berwarna hijau tua dan berukuran lebih agung dibanding daun bawang merah biasa. Batang semunya adalah pelepah daun dan melahirkan jejak cincin-cincin, pangkal pelepahnya melebar dan menebal mewujudkan bengkakan agung yang berfungsi bagi menyimpan cadangan konsumsi, bengkakan itu sendiri adalah umbi bawang. 


Komentar

Postingan Populer