DESCRIBE SOME INGREDIENTS #3

1. Lada
Hasil gambar untuk merica
Tanaman lada adalah tanaman  merambat yang memiliki daun tunggal berwarna hijau pucat serta buram ujungnya runcing berbuku-buku  dan berbentuk bulat telur. Lada memiliki nama latin Piper nigrum L, orang juga sering menyebutnya merica. Lada merupakan tanaman yang banyak mengandung bahan kimia seperti minyak lada, minyak lemak dan pati. Buah lada rasanya pahit, dan pedas namun hangat karean dapat menjadi antipiretik. Bunga tanaman lada berbentuk majemuk dan berkelamin tunggal sehingga tidak memiliki hiasan bunga, buahnya berbentuk bulat telur dan keras namun kulit buahnya lunak. Tanaman lada merupakan tanaman rempah yang sudah lama ada di Indonesia, tanaman lada menghendaki ketinggian 10 sampai 500 meter diatas permukaan laut dengan suhu rata-rata 25-27 derajat celcius yang dapat tumbuh baik di daerah tropis. Tanaman lada membutuhkan curah hujan yang panjang dan musim kering yang pendek.



2. Jahe
Hasil gambar untuk deskripsi jahe
Diperkirakan jahe berasal dari India, namun ada juga pendapat yang mengatakan bahwa jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari daerah India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Timur Tengah, Jepang, hingga Tiongkok dan menjadi komoditas yang populer di Eropa. Jahe termasuk dalam tanaman herba yang tumbuh tegak, tingginya dapat mencapai 40 – 100 cm dan dapat tumbuh sampai berumur tahunan. Batang jahe berupa batang semu yang tersusun dari helai daun pipih memanjang dengan ujung lancip.


3. Lengkuas
Gambar terkait
Tumbuhan herba/terna menahun tinggi 1,5 – 2 m, tegak, terestrial, dengan kumpulan daun berbentuk roset dekat permukaan tanah. Akar serabut tumbuh di sekitar rimpang, warna coklat muda. Tidak berbatang nyata, batang terdapat di dalam tanah sebagai rimpang. Rimpang bercabang sangat kuat, cabangnya banyak, berumbi, aromatik. Akar sangat banyak. Umbi berwarna putih dengan tepi berwarna coklat kekuningan. Daun biasanya 2, jarang 1 atau 3, bentuk elip besar atau bulat, dengan pangkal daun membulat sampai agak berbentuk jantung, menyempit ke arah tangkai, segera sangat pendek meruncing, permukaan atas daun suram, berambut, dengan tepi oranye atau coklat merah, hijau, bagian bawah hijau pucat, daging daun seperti kulit, panjang helaian 7-15 cm, lebar 2-8,5 cm, tangkai daun 3-10 mm, ligula sangat pendek, pelepah daun terdapat di dalam tanah, berwarna putih, panjang 1,5-3,5 cm. Bunga majemuk, silindris, keluar tersendiri di ujung batang, panjang sampai 4 cm, dengan 4-12 bunga atau lebih, daun pelindung 2, sangat sempit, 3-3,5 cm. Kelopak bunga dengan ujung bergigi dua. Daun mahkota berwarna putih, berbau harum, bentuk tabung dengan ukuran 2,5-5 cm. Benang sari steril berbentuk lembaran, berlekatan berbentuk bibir (labellum), di bagian bawah tengah-tengahnya berbercak ungu, yang lain putih atau ungu cerah dengan titik-titik ungu, kepala sari besar. Buah bulat, keras.



Komentar

Postingan Populer