DESCRIBE SOME INGREDIENTS #5

1. Daun Salam
Gambar terkait
Daun salam merupakan tanaman rempah yang mudah cara penanamannya. Syzygium polyanthum begitulah nama latinnya, tanaman yang berukuran sedang dan bisa mencapai tinggi 30 meter. Tanaman liar ini bisa tumbuh di mana saja. Bentuk daunnya simpel dengan tulang daun menyirip. Tepi daun rata dan memiliki aroma wangi. Jika sudah dikeringkan, daun salam dimanfaatkan untuk penyedap masakan.


2. Daun Jeruk
Gambar terkait
 Umumnya, daun jeruk yang digunakan pada masakan adalah yang berasal dari pohon jeruk purut. Meskipun ukurannya kecil, daun jeruk ini multifungsi. Selain bisa menambah rasa masakan, aroma daun jeruk juga sangat segar seperti jeruk/citrus. Dijamin bisa membantu meningkatkan selera makan. Daun jeruk cocok digunakan dalam berbagai masakan. 


3. Daun Jambu Biji
Hasil gambar untuk deskripsi daun jambu biji
Daun dan buah jambu biji sering dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Berdasarkan buku Tanaman Berkhasiat Obat Indonesia, daun jambu biji memiliki kandungan tanin, minyak atsiri (eugenol) minyak lemak, damar, zat samak, triterpinoid, dan asam apfel. Pada buahnya terkandung asam amino (triptofan, lisin), kalsium, fosfor, besi, belerang, vitamin A, B1, dan C. Daun muda tanaman ini bertekstur halus sedangkan daun tua permukaan atasnya licin. Bentuk daunnya bulat telur agak menjorong. Panjang daun jambu biji 6 – 14 cm dengan lebar 3 – 6 cm. Tepi daun rata agak melekuk ke atas, bertulang menyirip, dan warna daun berwarna hijau.

Komentar

Postingan Populer