DESCRIBE SOME INGREDIENTS #7

1. Bunga Lawang
Hasil gambar untuk deskripsi bunga lawang
Pohon, tinggi hingga 8 m (26 kaki), daun hijau tebal. bunga kecil berwarna kuning. Buah berbentuk bintang, terdiri dari 6-8 karpel (kelopak), setiap karpel panjangnya sekitar 10 mm berbentuk melengkung seperti bunga, keras dan keriput, yang juga mengandung benih (Steenis, 1981).


2. Pala
Gambar terkait
Pala (Myristica fragrans Houtt) merupakan jenis tanaman perkebunan yang tumbuh baik pada daerah tropis. Tanaman pala merupakan tanaman asli Indonesia karena berasal dari Banda dan Maluku. Tanaman ini terkenal karena biji buahnya yang tergolong rempah-rempah dan banyak dimanfaatkan oleh masyarakat. Biji dan selaput biji (fuli) merupakan komoditas ekspor Indonesia dan menduduki sekitar 60% dari jumlah ekspor pala dunia. Buah tanaman pala berbentuk bulat, berwarna hijau kekuning kuningan buah ini apabila masak terbelah dua. Garis tengah buah berkisar antara 3-9 cm, daging buahnya tebal dan asam rasanya. Biji berbentuk lonjong sampai 5 Universitas Sumatera Utara 18 bulat, panjangnya berkisar antara 1,5-4,5 cm dengan lebar 1-2,5 cm. Kulit biji berwarna coklat dan mengkilat pada bagian luarnya. Kernel biji berwarna keputi hputihan, sedangkan fulinya berwarna merah gelap dan kadang-kadang putih kekuning-kuningan dan membungkus biji menyerupai jala.


3. Kapulaga
Gambar terkait
Berumbi akar, tinggi antara 2-3 cm. Daun lonjong berujung runcing, panjang sekitar 30 cm dan lebar 10 cm. Buah berada dalam tandan berbentuk bulat kecil, kadang berbulu dan berwarna kuning kelabu, bila masak, pecah dan membelah berdasarkan ruang-ruangnya. Buah kotak sejati, bentuk jorong atau bulat panjang, kadang-kadang hampir bulat, mengembung atau agak keriput, panjang 1 cm sampai 1,8 cm, lebar sampai lebih kurang 1,5 cm; pada permukaan terdapat 3 alur membujur yang membagi buah menjadi 3 bagian; permukaan luar licin atau bergaris-garis membujur, warna kecokelatan atau kuning muda kcokelatan; buah beruang 3, dipisahkan satu dengan yang lainnya oleh septum, dalam ruang terdapat 2 deret biji yang terletak dalam massa lengket dan menempel pada plasenta sumbu. Biji cokelat kemerahan muda atau cokelat kemerahan tua; panjang 3 mm sampai 5 mm, lebar 2 mm sampai 3,5 mm; bentuk tidak beraturan, bersudut-sudut, permukaan biji berkerut-kerut. Biji diselubungi oleh selaput biji yang tipis, warna cokelat muda atau tidak berwarna, pada irisan melintang terlihat kulit biji berwarna cokelat kehitaman (Steenis, 1981).

Komentar

Postingan Populer