DESCRIBE SOME INGREDIENTS #14

1. Aframomum Melegueta
Image result for Aframomum Melegueta
Melegueta adalah sebuah tumbuhan menahun dan terna pada habitat berawa di sepanjang pantai Afrika Barat. Bunganya berwarna ungu, berbentuk terompet yang kemudian berkembang menjadi buah sepanjang 5 - 7 cm, berisi banyak biji kecil berwarna coklat kemerahan. Rasa pedas dan menyengat dari biji-bijinya disebabkan oleh keton aromatik; misalnya, (6)-paradol (nama sistematis: 1-(4-hydroxy-3-methoxyphenyl)-decan-3-one). Minyak atsiri, yang mana merupakan komponen aroma dominan dalam kerabat dekat kapulaga ini, hanya sangat sedikit yang bisa diperoleh.



2. Mahlab
Image result for mahlab adalah
Mahlab merupakan salah satu bumbu yang berbentuk bubuk yang berasal dari biji ceri St. Lucy. Mahlab ini tergolong bumbu yang langka dengan harganya yang bisa mencapai 1 juta rupiah perponnya. Tanaman mahlab ini banyak tumbuh di dataran Eropa Selatan, Mediterania dan Timur Tengah. Awalnya mahlab digunakan sebagai bahan campuran parfum, namun rasanya yang mirip dengan ceri dan almond membuatnya bisa digunakan dalam pembuatan kue dan roti.



3. Sriracha Sauce
Image result for sriracha sauce adalah

Kata Sriracha sendiri diambil dari nama kota Si Racha (atau Sri Racha) yang terletak di wilayah Thailand. Alkisah seorang pria keturunan Vietnam-Tionghoa bernama David Tran bermigrasi dari Vietnam ke Amerika Serikat pada 1980. David pertama memasuki wilayah AS di Boston sebagai manusia perahu yang mencari suaka akibat sederetan peperangan di Vietnam. Tak lama kemudian dirinya pindah dan menetap di Los Angeles sampai sekarang. Di Vietnam sendiri, menurut beberapa penelitian yang beredar, sambal Sriracha telah diproduksi sejak sekitar tahun 1933 oleh seorang wanita bernama Thanom Chakkapak. Ia menamakan produknya Sriracha Panich yang masih terkenal di seluruh Thailand. Banyak orang menilai jika Srirach Panich memiliki rasa sedikit lebih manis dan tekstur yang lebih cair sehingga Sriracha karya David tetap menjadi pilihan utama masyarakat dunia. Huy Fong Foods kini memproduksi tiga tipe sambal dengan menggunakan cabai olahan yang sama; Sambal Oelek (dikatakan memiliki rasa cabai yang asli), Chilli Garlic (yakni Sambal Oelek yang dicampur dengan bawang putih) dan Sriracha (yang ialah olahan lanjut Chilli Garlic dengan bahan-bahan alami lainnya).

Komentar

Postingan Populer